Selasa, 06 Agustus 2019

Preview Liga Inggris 2019/2020: Juaralah, Liverpool!


Preview Liga Inggris 2019/2020: Juaralah, Liverpool!


Liverpool selalu mengalami peningkatan performa sejak Juergen Klopp datang. Meski tak banyak belanja kali ini, The Reds punya segalanya untuk jadi kampiun Liga Inggris 2019/2020.

Liverpool menghadapi musim Liga Inggris 2019/2020 tanpa belanja jor-joran di bursa transfer. Mereka lebih memilih mempertahankan skuat yang ada. Beberapa pemain pilar sudah mendapat kontrak baru, ini membuat skuat Si Merah relatif tak diganggu isu transfer sepanjang musim panas ini.

Cuma 1,3 juta pound sterling yang dikeluarkan The Reds sampai hari ini, yang dihabiskan untuk mengangkut Sepp van den Berg dari PEC Zwolle. Ada dua pemain lain yang dibeli, yakni Harvey Elliott dari Fulham dan Adrian dari West Ham United.

Belanja besar tak lagi dibutuhkan Juergen Klopp untuk menyambut musim Liga Inggris 2019/2020. Dia sudah menciptakan Liverpool yang begitu perkasa musim lalu, yang bisa menjuarai Liga Champions dan sekadar dinaungi ketidakberuntungan dalam persaingan dengan Manchester City di Premier League. 88NagaBola


Tak ada yang menyangkal kalau Liverpool sangat baik musim lalu. Dengan 97 poin dikumpulkan, mereka sudah akan menjadi juara pada 116 edisi Liga Inggris dari total 199 musim yang telah digelar.

Klopp punya kiper terbaik dalam diri Alisson Becker, yang cuma kemasukan 22 kali dari 38 laga dan punya 21 clean sheet di musim debutnya. Manajer asal Jerman itu juga punya Virgil van Dijk yang disanjung sebagai bek tengah terbaik saat ini. Lalu, tentu saja, lini depan yang begitu produktif pada trio Firmansah.

Mengakhiri puasa panjang juara Liga Inggris akan kembali jadi prioritas Liverpool musim ini. Modal mereka sudah lebih dari cukup jika berkaca pada capaian musim lalu. Tapi masalah terbesar mereka pun masih sama: Manchester City.


The Citizens masih jadi kandidat kuat juara. Dan Liverpool adalah satu-satunya klub yang diyakini bisa menghentikan hat-trick kampiun tersebut.

Musim lalu, Liverpool harus puas menjadi runner up dengan hanya kalah 1 poin di belakang The Citizen. Tipisnya angka kedua tim menunjukkan sengitnya persaingan antara anak asuh Jurgen Klopp dan Pep Guardiola.

Menuju musim baru, beberapa pemain Liverpool harus membela timnas negaranya di berbagai kompetisi internasional. Alhasil banyak pemain-pemain kunci yang melewati banyak turnamen pra musim The Reds. Mulai dari Roberto Firmino dan Alisson Becker yang menjadi juara Copa America bersama Brasil, atau Sadio Mane yang membawa Senegal berlaga di final Piala Afrika.

Juergen Klopp pun lebih banyak memainkan pemain pelapis, serta pemain-pemain muda Liverpool sepanjang pramusim. Hasilnya kurang impresif. Hanya sekali menang, imbang satu kali, dan menelan 3 kekalahan.

Baru ketika pertandingan Community Shield menghadapi Manchester City (4/8), kekuatan Liverpool kembali penuh -- minus Sadio Mane. Firmino, Allison, Mohammed Salah, Virgil van Dijk kembali masuk starting line up The Reds di laga yang berakhir dengan keunggulan City 5 - 4 lewat babak adu penalti.

Klopp mengamini jika Liverpool tidak butuh untuk belanja jor-joran di musim ini. Menurut pelatih asal Jerman itu, The Reds sudah cukup menginvestasikan uang untuk belanja pemain di musim lalu.

"Tidak ada keinginan lagi bagi kami untuk belanja lagi, sebab tim yang kami miliki di musim lalu terdiri dari kelompok usia yang luar biasa," ujar pelatih 52 tahun itu.

"Kami ingin mempertahankan tim agar tetap bersama, serta siap untuk bermain di musim depan," tambahnya.

Melihat komposisi skuat musim lalu yang masih dipertahankan, maka kans The Reds untuk bersaing dengan Manchester City di musim 2019/2020 masih terbuka lebar. Klopp yakin dengan skuat yang ada saat ini, klub Merseyside mampu bersaing merebut titel juara.

Selain Man City, tantangan besar Liverpool di Liga Inggris 2019/2020 adalah bagaimana mereka akan mengatur skuat saat ditunggu banyak pertandingan. Sebagai juara Liga Champions, Liverpool dipastikan akan tampil di Piala Dunia Antarklub. 

Jelang pekan pertama menghadapi Norwich City saja mereka sudah dijepit dua laga besar. Yakni menghadapi Man City di Community Shield dan ditunggu laga dengan Chelsea pada ajang Piala Super Eropa, Kamis (15/8) .

Sejak Klopp datang, Liverpool terus mengalami peningkatan hasil di akhir musim. Mereka menanjak naik dari posisi 8, 4, 4, dan 2 musim lalu, pun di Liga Champions dengan didahului jadi runner up sebelum merebut titel juara. 

Maka musim Liga Inggris 2019/2020 bisa jadi adalah musim yang sudah sangat ditunggu Liverpudlian.

Bisakah Van Dijk cs merealisasikan mimpi menjadi juara itu?

Belanja Liverpool di musim panas 2019/2020

Masuk
- Sepp van den Berg (PEC Zwolle)
- Harvey elliot (Fulham)
- Adrian (West Ham United)

Keluar
- Daniel Sturridge
- Alberto Moreno (Villarreal)
- Adam Bogdan
- Connor Randall
- Rafael Camacho (Sporting)
- Danny Ings (Southampton)
- Simon Mignolet (Club Brugge)

0 komentar:

Posting Komentar