Rabu, 28 Agustus 2019

Ronaldo Sudah Keren Bantu Selamatkan Amazon, tapi Fotonya Itu Lho...


Ronaldo Sudah Keren Bantu Selamatkan Amazon, tapi Fotonya Itu Lho...


Cristiano Ronaldo sempat mengunggah foto hutan Amazon di Brasil yang terbakar. Gambar yang dipakai CR7 menjadi sorotan. Lho, kenapa?


Ronaldo ikut menyerukan 'Selamatkan Hutan Amazon' yang terbakar. Salah satu pusat ekosistem terbesar di dunia itu kini dalam kondisi memprihatinkan karena dilalap api.

Lewat Instagram, Ronaldo pun menyerukan kepada pengikutnya yang berjumlah 181 juta untuk turut menjaga hutan Amazon. Ia mengunggah foto hutan Amazon sedang dilalap api serta membubuhkan sebuah caption: Berita Bola Online

"Hutan hujan Amazon menyediakan 20 persen oksigen dunia dan sudah terbakar dalam tiga minggu terakhir. Ini jadi tanggung jawab kita untuk menyelamatkan planet ini. #prayforamazonia," tulis penyerang Juventus itu pada Jumat (23/8).

Namun, dilansir Mother Jones, foto yang diunggah Ronaldo itu ternyata salah. Pemain Portugal itu mengunggah foto kebakaran Amazon yang sudah lampau.

Berdasarkan mesin metadata Wayback, foto yang diunggah Ronaldo adalah foto kebakaran hutan Amazon yang diambil oleh fotografer Getty Images Lauro Alves pada 2013. Ya, foto yang diunggah Ronaldo adalah foto enam tahun lalu.

Selain Ronaldo, banyak pesohor lain juga mengunggah foto Amazon terbakar yang sudah lawas. Mulai dari Presiden Prancis Emmanuel Macron hingga aktor Leonardo Di Caprio.

Mother Jones pun mengimbau agar para pesohor lebih teliti lagi. Tak cuma itu, mereka juga merilis foto-foto kebakaran hutan Amazon terbaru agar para pesohor bisa lebih sempurna mengampanyekannya.

Mungkin masalahnya sepele, namun kekeliruan ini membuktikan banyak pesohor masih kerap memberikan data yang kurang akurat untuk menyampaikan sebuah informasi. Hal yang tentu akan menimbulkan bias, mungkin bahaya, apabila ditelan-telan jutaan pengikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar